Rabu, 21 September 2011

Guinea Pig


Guinea Pig. Beberapa hari yang lalu tak sengaja lihat berita di salah satu stasiun televisi swasta yang membahas tentang hoby. pas waktu itu yang dibahas adalah hoby memelihara binatang. Wah mantap kali pikirku.langsung aja ku simak berita yang disampaikan. hoby memelihara hewan yang dibahas pada saat itu yakni guinea pig. waduh......hewannya lucu banget. hampir sama kayak marmut tapi memiliki bulu yang panjang seperti hamster syrian LH ku tapi panjang kali dan lucu bangets. karna penasaran dan baru sempat nulis sekarang akhirnya aku mencari informasi tentang guinea pig.
Guinea Pig adalah salah satu spesies hewan pengerat, dan meskipun nama mereka Guinea Pig yang pasti mereka bukan babi, dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan babi. Mereka juga bukan berasal dari Guine, Guinea pig berasal di Andes dan mereka merupakan persilangan dari alam dan keturunan dekat dari spesies Cavy seperti Cavia Aperea, Cavia Fulgida, atau Cavia Tschudii dan karena itu tidak pernah ada secara alami di alam liar. Guinea Pig memainkan peranan penting dalam budaya rakyat Amerika Selatan, sebagai sumber makanan, obat-obatan dan juga untuk digunakan dalam upacara keagamaan masyarakat disana.

Guinea Pig telah digunakan sebagai percobaan biologis sejak abad ke-17. Hewan-hewan yang sering digunakan sebagai model organisme pada abad 19 dan 20 sebagai subyek uji. Metafora "Guinea Pig" digunakan secara umum sekarang untuk menunjukkan sebuah metafora sebagai yang pertama untuk mencoba sesuatu. Hari ini kelinci percobaan telah digantikan oleh tikus lain seperti tikus kecil dan tikus besar untuk percobaan laboratorium.

Di masyarakat barat Guinea Pig telah meraih popularitas yang luas sebagai hewan peliharaan keluarga sejak diperkenalkan oleh pedagang Eropa di abad ke-16. Guinea pig memiliki banyak kelebihan sebagai hewan peliharaan, salah satunya sifat penurut mereka, tidak sulit dalam penanganan dan makanan dan relatif mudah untuk merawat mereka. Inilah sebabnya mengapa Guinea Pig masih merupakan pilihan hewan peliharaan yang sangat populer dan ada banyak organisasi di luar sana yang khususkan menternakan Guinea Pig, dengan variasi dan komposisi warna bulu yang banyak. Karena proses domestikasi ada berbagai jenis Variasi Guinea Pig.

Nah di indonesia trend hoby memelihara Guinea pig ini baru aja mewabah. udah banyak penggemar guinea pig ini. meskipun kayaknya di pekanbaru masih belum ada. wah kapan yah bisa pelihara. harganya lumayan ajip. sekitar 500 ribuan sepasang sampe 3 jutaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

 

©2009 Hamster Bertuah | by TNB